Pages

Sabtu, 14 Desember 2013

Program Kegiatan Besar

Salam Seni Budaya..
Selamat bertemu lagi para Pandawers.. (lhoo???) Anggap saja itu panggilan sayang dari kami untuk para pembaca... (abaikan.. :)
Okeii.. Kali ini kita bakal bahas tentang Program2 apa aja sihh yang ada di UKM Pandawa.. 

Sebagai suatu organisasi pasti harus punya program2 kerja donkk.. Nahh,, kita juga punya nihh.. UKM Pandawa punya 4 kegiatan besar..

1. RAKER alias Rapat Kerja


Rapat kerja (RAKER) adalah tahap awal dimana sebuah kepengurusan organisasi dimulai. Rapat kerja adalah kegiatan rapat intern organisasi dengan agenda menyusun program kerja organisasi yang akan dilaksanakan dalam satu masa jabatan ataupun periode kepengurusan. Program kerja adalah rencana kegiatan himpunan mahasiswa yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan maupun cita-cita organisasi. RAKER dilaksanakan untuk menyusun program kerja demi terciptanya sebuah pembaharuan yang cukup signifikan di dalam Kapu’unan Unit kerja Mahasiswa Paguyuban Seni Budaya Traditional Mahasiswa (UKM PANDAWA), karena pada dasarnya program-program kerja yang disusun akan lebih mempunyai karakteristik mengenai UKM PANDAWA, dan  lebih kepada bidang garapan Seni Dan Budaya Traditional serta sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. 


RAKER ini dilaksanakan diawal kepengurusan kapuunan yang baru terpilih dan sekaligus disahkannya kepengurusan yang baru..

2. SEMINAR BUDAYA

Negara Indonesia adalah negara yang kaya dengan aneka ragam suku dan bahasa yang patut kita banggakan sebagai warga negara, dimana dalam negara kita juga dalam menjalankan peradabannya negara kita juga tidak sedikit melahirkan kebudayaan – kebudayaan yang unik dan beraneka ragam  yang tetap dalam satu ikatan “ Bhineka Tunggal Ika “  sebagai pandangan berbangsa dan bertanah air.

Dari keanekaragaman suku bangsa serta budaya yang ada di Indonesia sudah seharusnya  kita sama – sama jaga serta kita lestarikan sebab merupakan modal utama bagi bangsa untuk dapat bersaing dengan budaya – budaya lain yang datangnya dari luar.

Sangat disayangkan bahwa kaula muda sekarang ini kurang menyaring sehingga mereka seakan berfikiran bahwa kesenian tradisional adalah kesenian yang ketinggalan jaman padahal sebaliknya dengan kebudayaan tradisional inilah kita dikenal di Mancanegara.

Tujuan diadakannya seminar budaya ini adalah kami ingin  memberikan sedikitnya nilai tambah bagi generasi muda bahwa kebudayan tradisional siap bersaing dengan dengan kebudayaan yang datang dari luar. Seminar Budaya ini juga sebagai bentuk tindak lanjut bagi kaula muda untuk lebih mencintai dan mengenal akan arti budaya dan kebudayaan Indonesia.

Nahh,, para pematerinya tentu saja adalah orang2 yang mengerti dan berkompeten di bidang seni budaya.. Seperti yang berikut ini pandawers...


  





3. TTF (Tirtayasa Traditional Festival)

Kalau ditanya acara paling megah setiap tahun, ini dia jawabannya pandawers.. TTF.. Tirtayasa Traditional Festival adalah program besar tahunannya UKM Pandawa. TTF ini bisa dibilang hajat gede2annya anak2 pandawa pandawers karena ada 1 ciri khas didalamnya yaitu Pagelaran Seni Budaya dimana aktor dan aktrisnya adalah seluruh masyarakat pandawa.. TTF ini lahir pada tahun 2010 pandawers,, tapiii pada tahun 2007 sudah ada,, hanya saja bentuknya masih Pagelaran.. 

Apa yg membuat megah acaranya sihh??
Di TTF ada beberapa rangkaian acara besar yakni,, Festival Kreasi seni Tari Tradisional,, Festival Kreasi Seni Musik Tradisional,, Festival Pencak Silat Antar Padepokan se-Banten,, Festival Kreasi Hasta Karya Seni Rupa,, Pawai Budaya,, Pameran,, Bazaar,, dan yang paling spesial adalah Malam Puncak Tirtayasa Traditional Festival yaitu Pagelaran Seni Masyarakat UKM Pandawa..

Apalagi yang membuat acara TTF megah?? yaitu bintang tamunya donk.. Ya,, penampilan2 spesial dari semua Sanggar Seni dan Komunitas Seni yang ada di Banten.. Ini dia dokumentasinya... 

Pagelaran 2007



Pagelaran 2008







Tirtayasa Traditional Festival 2010







Tirtayasa Traditional Festival 2011





Tirtayasa Traditional Festival 2012





Tirtayasa Traditional Festival 2013





Bagus-bagus kan pandawers??? *maksa..haha
Lanjut ke program yang terakhir ya Pandawers...

4. MAPERCA (Masa Penerimaan Calon Anggota Pandawa)

Nahh,, ini dia,, buat yang suka kesenian,, tertarik dengan kesenian,, pengen bisa berkesenian,, ingin mengembangkan bakat dalam berkesenian,, program ini paling ditunggu2 nih.. Masa Penerimaan Calon Anggota atau Open Recruitment calon anggota Pandawa.. Kalau mau masuk rumah pasti harus pegang kunci rumahnya dulu donk,, nahh,, sama nihh,, kalau mau jadi anggota pandawa harus ikut dulu MAPERCAnya.. Ngga harus bisa nari dulu,, ngga harus bisa main musik dulu,, ngga harus bisa silat sama debus dulu buat masuk Pandawa,, yang penting para calon anggota yg berminat punya niat dan kemauan untuk belajar di Pandawa.. Ngga susah kan syaratnya.. 

Maperca Pandawa dilaksanakan diakhir program kerja,, biasanya setelah TTF berlangsung.. Nahh,, setelah mengikuti Maperca,, kita kasih bonus buat para calon anggota yaitu MABIM alias Masa Bimbingan sebelum akhirnya disahkan sebagai Masyarakat Pandawa.. dalam MABIM selain latihan 4 sub bidang yang ada di Pandawa,, kita kasih bonus juga yaitu Kunjungan ke Situs2 Bersejarah di Banten dan diakhir tahun sebelum Urun Rembug kita kasih bonus jalan2 ke BADUY.. uuwwww.... Dijamin seruuu..











Nahh,, itu sedikit perjalanan kita ya Pandawers.. Ambil sisi baiknya ya Pandawers karna kami hanya orang2 yang cinta kesenian.. Seni itu Indah.. Indah itu Kebersamaan.. dan kami cinta kebersamaan..

Salam Seni Budaya..
C_U

0 komentar:

Posting Komentar